Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cetak Surat Keterangan Lulus Universitas Terbuka

Pada kesempatan yang baik ini kami akan membagikan bagaimana cara mencetak Surat keterangan lulus dari Universitas Terbuka atau UT secara online. Jadi dengan demikian kita tidak perlu lagi datang ke kantor UPBJJ UT untuk meminta surat keterangan lulus.

Sebelum masuk ke pembahasannya, kami beritahukan bahwa cara cetak surat keterangan lulus UT ini bisa dilakukan dengan menggunakan perngkat android atau HP dan juga bisa menggunakan komputer, yang terpenting bisa terhubung ke internet.

Sebelum mencetak surat keterangan lulus dari UT ini kita harus memmastikan bahwa kita sudah termasuk dalam daftar lulusan UT, jadi kalau nama kita belum termasuk dalam daftar lulusan UT maka surat keterangan lulus ini tidak akan keluar. Untuk dapat melihat daftar lulusan silahkan cek langsung secara online, atau bisa lihat pengumuman di pokjar.

Baik sekarang kita masuk ke pembahasan cara cetak surat keterangan lulus dari UT

Cetak Surat Keterangan Lulus UT Terbaru

1. Masuk ke situs Aksi UT

Langkah pertama untuk mencetak surat keterangan lulus dari UT adalah dengan mengunjungi situs resmi aksi ut yaitu https://aksi.ut.ac.id/ , silahkan masuk ke situs tersebut melalui google chrome atau broswer yang ada di HP atau laptop.

Setelah itu akan muncul halaman aksi ut seperti gambar dibawah ini

cara cetak surat keterangan lulus ut

2. Pilih Surat Keterangan

Setelah kita berasa di dashbor aksi.ut.ac.id maka akan muncul beberapa menu pilihan seperti gambar diatas, yang pertama adalah menu Raga Kelulusan, Form Foto, Daftar Calon Lulusan dan Surat Keterangan

Pada menu tersebut dilahkan pilih menu surat keterangan

3. Masukan Data

Selanjutnya untuk mencetak surat keterangan lulus setelah kita masuk ke menu surat keterangan maka akan tampil menu seperti gambar dibawah ini

cara cetak surat keterangan lulus ut


Pada bagian ini kita diminta untuk memasukan NIM, tanggal lahir, dan Nomor NIK KTP serta memasukan kode capcha. Silahkan isi data tersebut dengan benar dan sesuai dengan data kita di UT.

Setelah selesai memasukan NIM, Tanggal Lahir dan Nomor NIK KTP serta kode capcha silahkan klik cari

4. Masukan No HP dan Email

Setelah kita klik menu cari di data tadi, maka akan muncul kolom isian lagi, kolom tersebut meminta kita memasukan no HP dan email. Silahkan masukan nomor HP dan email yang kita gunakan, 

5. Tunggu dan Cetak

Setelah semua data permintaan kita isi dengan benar, selanjutnya surat keterangan lulus dari UT akan di proses, silahkan tunggu prosesnya sampai muncul menu print. Saat sudah muncul menu print berarti surat keterangan lulus dari UT sudah bisa kita cetak atau download.

Biasanya proses permintaan surat keterangan lulus ini tidak lama, hanya membutuhkan waktu 1-2 jama saja, jadi kita hanya perlu masuk atau mengulang kembali langkah langkah mencetak surat keterangan lulus dari UT diatas untuk mengceknya.

Berikut adalah tampilan jika surat keterangan lulus tersebut sudah bisa dicetak

cara cetak surat keterangan lulus ut


Selain itu surat ini keterangan lulus dari UT bisa dicetak atau dibuat pada hari senin sampai sabtu mulai jam 8.00 sampai jam 15.00

Demikian artikel kali ini, semoga cara cetak surat keterangan lulus dari UT ini bisa membantu.