Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Login ke info.gtk.kemdikbud.go.id

Pada postingan ini kami akan berbagi bagaiamana cara login ke https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ periode juli desember 2021. Silahkan simak postingan ini sampai selesai.

Sebelum masuk ke pembahasan untuk login ke https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ perlu kami sampaikan beberap fungsi penting info gtk bagi guru dan tenaga pendidik. Dalam info gtk memuat informasi yang tercatat dalam dapodik, jadi seluruh data yang ada di info gtk semuanya berasal dari dapodik. Berikut fungsi penting dari info gtk

A. Fungsi Info GTK

Sebelumnya kami ingin menyampaikan beberapa fungsi penting bagi bapak ibu untuk mengecek info GTK ini, berikut beberapa fungsi dari Info GTK

1. Cek Status Valid Tunjangan Sertifikasi

Bagi guru yang menerima tunjangan profesi atau tunjangan sertifikasi status valid atau tidaknya hanya bisa dilihat melalui laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ apabila status di info gtk sudah valid berarti guru tersebut sudah termasuk kedalam daftar penerima SKTP tunjangan profesi atau tunjangan sertifikasi.

Namun seblaiknya, apabila statu pada info gtk tidak valid maka guru tersebut tidak akan masuk dalam daftar penerima SKTP tunjangan sertifikasi, jadi guru tersebut harus meminta operator sekolah untuk memperbaiki kesalah sesuai yang ditampilkan pada laman info GTK.

2. Cek Penerima BSU Guru

Fungsi lain dari info gtk adalah guru atau tenaga pendidik non pns atau honor bisa melihat apakah guru tersebut termasuk dalam daftar penerima BSU Guru atau tidak.

Sebagaimana kita ketahui bahwa kemdikbud telah menyalurkan BSU tahun 2020 dan akan kembali menyalurkan BSU guru non PNS atau Honor pada tahun 2021 ini.

Bagi guru yang ingin mengetahui apakah ia termasuk dalam daftar penerima BSU guru atau tidak caranya harus masuk ek https://info.gtk.kemdikbud.go.id/.

3. Melihat Jumlah Jam Mengajar

Seperti yang kami sampaikan di awal bahwa https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ adalah hasil dari data dapodik, jadi apabila guru ingin melihat jumlah jam mengajar yang dimasukan oleh operator di dapodik maka guru harus bisa mmengakses atau login ke akun info GTK.

Selain dari 3 informasi diatas, https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ juga menampilkan data guru atau tenaga pendidik yang di entry melalui dapodik. 

Lalu bagaimana cara login ke https://info.gtk.kemdikbud.go.id/? Supaya kita bisa melihat status valid atau tidak valid tunjangan sertfiikasi, atau ingin melihat status penerima BSU Guru? Berikut dua cara login ke info gtk

B. 2 Cara Cek Info GTK

Perlu diketahui bahwa untuk login ke info GTK ini terdapat dua cara berbeda, namun menggunakan email dan pasword yang sama sesuai dengan akun dapodik, berikut caranya

Login Langsung Ke GTK

  • Cara pertama untuk login ke info GTK adalah dengan menggunakan menu login langsung ke info GTK. Caranya bapak ibu langsung masuk ke website https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
    cara cek info gtk di info.gtk.kemdikbud.go.id/

  • Kemudian setelah masuk ke laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ tersebut, silahkan pilih menu login langsung ke gtk.
  • Setelah berhasil masuk ke menu login langsung ke GTK silahkan masukan username dan password gtk
    cara cek info gtk 2021 2022

  • Setelah bapak ibu memasukan username dan pasword yang sesuai dengan akun di dapodik maka bapak ibu akan langsung melihat dashboard info gtk, pada dashboard ini bapak ibu akan melihat semua informasi yang diperlukan seperti status valid atau tidak valid tunjangan sertfikasi guru, daftar penerima BSU guru atau tidak.

Jadi cara login ke https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ yang pertama ini adalah cara yang cepat dan simpel, karena bapak ibu hanya perlu memasukan email dan pasword akun dapodik saja. Lalu bagaimana cara lain untuk bisa login ke info GTK? Berikut caranya

2. Login Menggunakan SSO 

  • Cara kedua untuk cek info GTK adalah menggunakan sso, langkah pertamanya sama saja bapak ibu harus masuk ke https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ kemudian pilih Login Menggunakan SSO, menu ini berada tepat dibawah menu Login Langsung ke GTK
  • Setelah itu silahkan masukan email dan pasword bapak ibu, setelah bapak ibu berhasil masuk ke dashboard SSO maka akan tampil beberapa menu, seperti biodata, beban ajar, tugas, riwayat pendidikan dan sebagainya.
  • Berbeda dengan login langsung ke gtk tadi, pada laman login menggunakan sso ini bapak ibu harus masuk ke menu biodata,
    cara cek info gtk di info.gtk.kemdikbud.go.id/

  • Setelah masuk ke menu biodata, silahkan scroll ke bawah lalu pilih menu cek info gtk, setelah bapak ibu memilih menu tersebut maka bapak ibu akan langsung diarahkan ke laman info gtk.

Jadi cara ke 2 untuk cek info GTK ini memang lebih rumit dibanding cara yang pertama tadi. Silahkan bapak ibu coba ke dua cara tersebut diatas untuk cek info GTK.

Demikian postingan kali ini, semoga cara cek info GTK ini bisa membantu bapak ibu.