Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BSU Guru Honor Segera Cair, Cek Daftar Penerima BSU Guru Tahun 2021

cara cek bsu guru honor

 Angin bahagia baru baru ini beredar bagi guru dan tenaga pendidik yang statusnya masih honor atau non pns, pasalnya pemerintah melalui kemdikbud akan kembali menyalurkan bantuan subsidi updah bagi guru dan tenaga pendidik honor pada tahun 2021.

Bantuan subsidi upah guru atau bsu guru ini akan di transfer langsung ke rekening guru dan tenaga pendidik, untuk besarannya sendiri di kabarkan sekitar 1,8 juta rupiah. 

BSU guru tahun 2021 ini tentunya tidak akan diberikan kepada semua guru meskipun berstatus honor, karena kalau kita lihat tahun 2020 lalu ada beberapa kriteria yang harus di penuhi oleh guru dan tenaga pendidik untuk masuk dalam nominasi penerima BSU ini, terdapat 6 kriteria yang wajib terpenuhi seperti berikut

Syarat Penerima BSU Guru

Jika melihat BSU guru tahun 2020 lalu, ada beberapa pesyaratan atau kriteria yang harus di penuhi oleh guru dan tenaga pendidik agar dapat menerima BSU Guru, berikut persyaratannya

#1 WNI ( Warga Negara Indonesia )

Syarat yang pertama tentu adalah Guru dan tenaga pendidik berstatus warga negara indonesia

#2 Guru atau tenaga Pendidik Non PNS atau berstatus Honor

Syarat yang kedua guru dan tenaga pendidik berstatus honor atau non pns

#3 Terdaftar di Dapodik

Syarat yang ketiga guru dan tenaga pendidik Terdaftar dan berstatus aktif dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) 

#4 Tidak menerima Bantuan Subsidi Upah BPJS ketenagakerjaan 

Syarat yang ke empat guru dan tenaga pendidik tersebut tidak mendapat bantuan subsidi upah dari BPJS ketenagakerjaan

#5 Bukan penerima Kartu Prakerja 

Syarat selanjutnya adalah guru dan tenaga pendidik yang buka penerima manfaat program kartu prakerja

#6 Gaji dibawah Rp 5 juta per bulan 

Terakhir syarat yang harus terpenuhi adalah guru dan tenaga pendidik yang gajinya dibawah 5 juta rupiah

Jadi kalau dilihat tahun lalu, ada 6 kriteria yang wajib terpenuhi oleh guru dan tenaga pendidik untuk mendapatkan BSU ini, kemungkinan syarat penerima BSU tahun 2021 ini tidak jauh berbeda. Dan kalau kita lihat tahun sebelumnya, untuk mencairkan BSU guru dan tenaga pendidik juga harus melengkapi berkas yang nantinya diserahkan ke bank yang tertera pada SK BSU, berikut syarat pencairannya

Syarat pencairan BSU guru 2021

Bagi guru yang ingin mencairkan dana bantuan subsidi upah guru ke bank, harus melengkapi dan membawa beberapa berkas berikut ini

1. Membawa KTP 

2. Membawa Kartu Keluarga

3. Membawa NPWP Jika ada

4. Mencetak SPTJM pada laman Info GTK

Jadi bagi guru dan tenaga pendidik yang masuk nominasi penerima BSU guru, harus melengkapi 4 persyaratan diatas agar bisa mencairkan dana bantuan subsidi upah guru. 

BSU guru ini juga dikabarkan akan dicairkan pada bulan september 2021, namun sampai saat ini masih beleum ada surat resmi dari kemdikbud. Bagi bapak ibu honor yang ingin mengetahui apakah masuk dalam nominasi penerima BSU atau tidak caranya sangat mudah sekali, silahkan simak langkah langkah berikut ini

Cek Penerima BSU Guru Tahun 2021

1. Login ke Info GTK

Langkah pertama Bagi bapak ibu yang ingin mengethaui apakah masuk nominasi penerima BSU atau tidak adalah dengan mengakses info GTK, silahkan buka laman resmi info GTK.

Perlu kami tegaskan bahwa kemdikbud tidak merilir daftar nama penerima BSU secara kolektif atau di suratkan kepada dinas pendidikan, tapi semua informasi BSU hanya akan di tampilkan pada laman setiap info gtk guru dan tenaga pendidik.

2. Masukan Email dan Pasword

Selanjutnya setelah masuk ke laman info.gtk.kemdikbud.go.id silahkan masukan email dan pasword akun GTK yang terdaftar di dapodik. Harap di pastikan bahwa akun yang bapak ibu gunakan adalah akun yang terdaptar di dapodik, jika bapak ibu mengalami kendala saat login bapak ibu bisa meminta bantuan operator sekolah.

3. Cek Status Nominasi BSU

Selanjutnya setelah berhasil masuk ke akun info GTK maka pada dahsboar info GTK akan langsung menampilkan apakah GTK termasuk dalam daftar nominasi penerima BSU Guru tahun 2021 atau tidak.

Demikian informasi syarat dan cara menacirkan BSU serta cara melihat daftar penerima BSU guru honor, semoga bapak ibu masuk dalam nominasi penerima BSU guru honor tahun 2021 ini.

Bagi bapak ibu yang masih bingung untuk login ke info gtk, silahkan baca artikel kami di 2 cara login info GTK tahun 2021.