Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek BSU Guru Honor di info.gtk.kemdikbud.go.id

Bantuan Subsidi Upah untuk Guru dan tenaga pendidik non pns atau honor telah dicairkan pemerintah pada tahun 2020 lalu, namun beredar kabar bahwa tahun 2021 ini pemerintah melalui kemdikbud akan kembali menyalurkan BSU guru Honor. Informasi ini disambut gembira bagi guru dan tenaga pendidik yang masih berstatus honor atau non pns, pasalnya nominal bsu ini cukup banyak yaitu sekitar 1,8 juta rupiah.

Banyak diberitakan juga bahwa Pencairan BSU guru tahun 2021 akan dilaksanakan pada bulan september mendatang, semoga saja berita tersebut segera terealisasikan. 

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua guru dan tenaga pendidik akan menerima bantuan subsisdi upah sebesar 1,8 juta rupiah tersebut. Ada beberapa kriteria yang harus terpenuhi oleh guru dan tenaga pendidik agar masuk nominasi penerima bsu tersebut, lalu apa saja syarat penerima bsu tersebut?

Kalau kita melihat tahun sebelumnya, ada beberapa syarat untuk masuk dalam nominasi penerima bsu antara lain 

1. WNI ( Warga Negara Indonesia 

2. Guru atau tenaga Pendidik Non PNS

3. Terdaftar dan berstatus aktif dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) 

4. Tidak mendapatkan Bantuan Subsidi Upah BPSJ

5. Bukan penerima Kartu Prakerja 

6. Memiliki penghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan 

Jadi ada enam kriteria yang harus dipenuhi oleh guru dan tenaga pendidik non pns agar dapat masuk nominasi penerima bsu tersebut, kemungkinan besar syarat penerima bsu tahun ini akan sama seperti syarat tahun sebelumnya.

Lalu bagaimana untuk dapat mengetahui apakah guru dan tenaga pendidik masuk dalam daftar penerima bsu guru tahun 2021 ini? Caranya sangat mudah sekali, silahkan simak panduannya dibawah ini

Cara Cek BSU guru honor tahun 2021

1. Buka Info GTK

Langkah pertama untuk mengetahui apakah guru dan tenaga pendidik masuk dalam kriteria penerima bsu atau tidak adalah dengan mengakses info gtk. Silahkan buka info gtk guru di info.gtk.kemdikbud.go.id

2. Masukan email dan password

Setelah bapak ibu masuk ke laman info.gtk.kemdikbud.go.id maka bapak ibu akan diminta untuk memasukan email dan password, silahkan masukan email dan password yang terdaftar di dapodik.

Apabila bapak ibu mengalami kendala pada saat login info.gtk.kemdikbud.go.id silahkan hubungi operator sekolah bapak ibu, atau bapak ibu bisa melihat postingan kami tentang 2 cara login ke info.gtk.kemdikbud.go.id

3. Cek Info GTK

Terakhir setelah bapak ibu berhasil login ke info gtk, maka bapak ibu akan melihat beranda info gtk, pada branda inilah akan ditampilkan apakah bapak ibu masuk dalam nominasi penerima BSU atau tidak.

Apabila bapak ibu masuk dalam nominasi penerima bsu maka ada keterangan di bagian atas bahwa pemilik info gtk tersebut masuk nominasi penerima bsu, dan selanjutnya ada perintah cetak SPTJM.

Pada bagian bawah info gtk juga akan diterangkan nomor rekening penerima bsu guru, nomor sk, nama bank penyalur, tanggal penyaluran, serta syarat pencairan yang harus dibawah ke bank.

Demikian postingan ini, silahkan cek info gtk bapak ibu segera di info.gtk.kemdikbud.go.id