Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan NUPTK Guru Honor dan CPNS

cara mendapatkan nuptk guru honor

Pada postingan ini kami akan berbagi cara mengajukan NUPTK bagi guru dan tenaga pendidik untuk honor dan CPNS. Silahkan di simak dengan baik syarat dan tata cara mengajukan NUPTK dibawah ini.

Sebelum mengajukan NUPTK bagi guru honor dan cpns perlu kita ketahui dulu syarat agar pengajuan NUPTK diterima, untuk syarat pengajuan NUPTK guru honor dan CPNS berbeda silahkan lihat dibawah ini.

Syarat Pengajuan NUPTK Guru CPNS

1. Pendidikan Minimal D4/S1

Syarat pertama bagi guru dan tenaga pendidik untuk mendapatkan NUPTK adalah berpendidikan D4/S1. 

2. SK CPNS

Selanjutnya bagi guru CPNS tentunya harus menyiapkan SK CPNS, SK CPNS ini nantinya akan di scan di uplod.

3. SK Pembagian Tugas 

Setelah SK Pengangkatan syarat selanjutnya untuk mendapatkan NUPTK adalah SK Pembagian tugas. SK pembagian tugas ini dikeluarkan oleh kepala sekolah.

4. Memiliki KTP

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan NUPTK adalah guru dan tenaga pendidik wajib memiliki KTP elektronik. Jadi untuk KTP tidak bisa diganti dengan surat domisili atau surat keterangan.

5. Memiliki IJAZAH SD SMP SMA S1

Terakhir yang perlu dipersiapkan untuk mengusulkan NUPTK guru dan tenaga pendidik adalha ijazah dari SD SMP SMA S1 yang asli.

Diatas adalah syarat pengajuan NUPTK bagi Guru CPNS, lalu untuk guru honor syaratnya sedikit berbeda, berikut syarat pengajuan NUPTK bagi guru honor :

Syarat Pengajuan NUPTK Guru Honor

1. Pendidikan Minimal D4/S1

Syarat pertama bagi guru dan tenaga pendidik untuk mendapatkan NUPTK adalah berpendidikan D4/S1. Jadi syarat memiliki ijazah D4/S1 ini wajib bagi guru honor ataupun guru CPNS.

2. SK Pengangkatan 

Berbeda dengan guru CPNS yang melampirkan SK CPNS,  bagi guru dan tenaga pendidik yang ingin mengusulkan NUPTK adalah harus memiliki SK pengangkatan, SK Pengangkatan ini harus dikeluarkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota atau propinsi bagi SMA SMK.

Apakah bisa menggunakan SK pengangkatan Kepala sekolah? Jawabannya bisa, tapi sudah pasti pengajuan NUPTK bapak ibu akan ditolak oleh LPMP. Jadi bapak ibu harus meminta SK Penugasan ke dinas pendidikan, untuk syaratnya silahkan hubungi Dinas Pendidikan bagian GTK.

3. SK Pembagian Tugas 5 Semester

Untuk guru honor harus menyiapkan SK Pembagian tugas sebanyak 5 Semester. Misal bapak ibu mengajukan pada tahun pelajaran 2021/2022 semester ganjil berarti bapak ibu harus menguplod sk pembagian tugas dari Semseter gabnjil 2019/2020, semester genap 2019/2020, semester ganjil 2020/2021, semester ganjil 2020/2021, semester ganjil 2021/2022

4. Memiliki KTP

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan NUPTK adalah guru dan tenaga pendidik wajib memiliki KTP elektronik. Jadi untuk KTP tidak bisa diganti dengan surat domisili atau surat keterangan.

5. Memiliki IJAZAH SD SMP SMA S1

Terakhir yang perlu dipersiapkan untuk mengusulkan NUPTK guru dan tenaga pendidik adalha ijazah dari SD SMP SMA S1 yang asli.

Setelah kita mengetahu syarat pengajuan NUPTK bagi guru honor dan CPNS, sekarang kita langsung masuk ke tata cara pengajuan NUPTK. Tata cara pengajuan NUPTK guru honor dan CPNS sama saja, silahkan simak panduannnya berikut

Cara Mengajukan NUPTK Guru dan Tenaga Pendidik

Untuk mengajukan NUPTK bagi guru honor atau CPNS caranya sama saja, pengajuan NUPTK harus melalui operator sekolah dengan login ke verpal PTK, untuk lebih jelas berikut langkah langkahnya :

1. Login verpal PTK

Langkah pertama untuk mengusulkan NUPTK ini adalah login ke verpal PTK, login ke verpal PTK ini harus menggunakan akun operator atau akun dapodik sekolah. Jadi guru atau tenaga pendidik tidak bisa mengusulkan NUPTK secara mandiri, guru dan tenaga pendidik yang ingin mengusulkan NUPTK harus meminta bantuan operator.

2. Pengajuan NUPTK

Setelah berhasil login ke verpal PTK, silahkan langsung pilih menu pengajuan NUPTK. Nanti semua guru dan tenaga pendidik yang belum memiliki NUPTK akan muncul di daftar tersebut.

Selanjutnya silahkan pilih guru atau tenaga pendidik yang ingin diajukan NUPTK

3. UPLOD Berkas

Langkah ketiga untuk mengusulkan NUPTK adalah menguplod berkas yang dipinta, berkas yang di Uplod harus berkas ASLI. Berkas yang di uplod adalah

  • KTP
  • IJAZAH SD SMP SMAD4/S1
  • KK
  • SK CPNS
  • SK Penugasan/pengangkatan dari Dinas Pendidikan (Guru Honor)
  • SK Pembagian Tugas ( untuk guru honor sk pembagian tugas harus 5 semester)

Pelru diketahui untuk berkas SK Penugasan / Pengangkatan harus digabung dengan SK Pembagian Tugasnya.

4. Konfirmasi ke Dinas Pendidikan

Selanjutnya setelah berkas di uplod, bapak ibu harus meminta konfirmasi dari Dinas Pendidikan kabupaten/kota atau propinsi untuk SMA SMK.

Hal ini perlu dilakukan karena berkas bapak ibu akan di verifikasi terlebih dahulu oleh dinas pendidikan, jika disetujui maka berkas akan di periksa oleh LPMP.

5. Verifikasi LPMP

Setelah berkas usul NUPTK guru dan tenaga kerja kependidikan diterima atau disetujui dinas pendidikan, bapak ibu masih harus menunggu verifikasi LPMP. Biasanya proses ini cukup lama tergantung LPMP.

Perlu kami sampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan berkas yang sudah disetujui dinas pendidikan akan ditolak di LPMP. Jika memang terjadi, bapak ibu tidak perlu panik, lakukan perbaikan sesuai dengan keterangan yang muncul.

6. Penerbitan NUPTK

Terakhir setelah berkas pengajuan usul NUPTK diterima LPMP bapak ibu maish harus menunggu, proses penerbitan NUPTK oleh kemendikbud biasanya cukup lama. Jadi bapak ibu harus bersabar dan selalu memantau NUPTK di akun verpal PTK.

Demikian cara mengusulkan NUPTK guru dan tenaga pendidik honor dan CPNS tahun 2021, semoga bermanfaat.