Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Verpal Ponsel data.kemdikbud.go.id

Bantuan kuota dari kemdikbud tahun 2021 ini akan kembali disalurkan ke nomor ponsel pendidik dan tenaga pendidik, kuota internet dari kemdikbud ini adalah kuota belajar yang bisa digunakan bagi pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Syarat bagi pendidik dan peserta didik untuk mendapatkan kuota belajar dari kemdikbud ini adalah nomor ponsel harus terdaftar di dapodik atau terdaftar di verpalponsel.data.kemdikbud.go.id. 

Pada verpalponsel.data.kemdikbud.go.id. operator wajib mengecek apakah status nomor ponsel pendidik dan peserta didik sudah benar dan aktif. Untuk mengecek statusnya bisa dilihat dari keterangan warna pada nomor ponselnya, berikut keterangan warna nomor ponsel 

Warna Hijau Muda = Siap SPTJM

Warna Biru Muda = Nomor Ponsel Aktif, Pastikan Status Kepemilikan Nomor Ponsel Sudah Terisi

Warna Kuning Muda = Proses Validasi Nomor Provider

Warna Merah Muda = Nomor Ponsel Tidak Aktif/Perlu Koreksi

Lalu bagaimana cara untuk melakukan verpal nomor ponsel pendidik dan peserta didik di verpalponsel.data.kemdikbud.go.id.? berikut langkah – langkahnya :

1. Buka Verpal Nomor Ponsel

Langkah pertama untuk melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel adalah dengan masuk ke laman verpalponsel.data.kemdikbud.go.id. pada laman verpal nomor ponsel ini silahkan pilih menu login yang terdapat pada sudut kanan atas.

2. Masukan Akun Dapodik

Selanjutnya pada menu login terdapat 2 submenu yaitu verpal nomor dan SPTJM, karena kita akan melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel maka langsung pilih submenu verpal ponsel.

Menu SPTJM nanti akan digunakan untuk mendownload dan mengunggah SPTJM Verpal Nomor Ponsel yang sudah di lakukan.

3. Cek Keaktifan Nomor Ponsel

Setelah bapak ibu berhasil login di verpalponsel.data.kemdikbud.go.id. silahkan cek nomor ponsel pendidik dan peserta didik, cek apakah nomor ponselnya aktif atau ada yang bermasalah, silahkan lakukan perbaikan jika nomor ponselnya tidak aktif. Untuk mempermudah lihat keterangan pada warna baris nomor ponselnya.

Setelah bapak ibu memastikan ke aktifan nomor pendidik dan peserta didik, silahkan bapak ibu cetak SPTJM nya kemudian ditandatangani oleh kepala sekolah, kemudian unggah lagi SPTJM nya. Perlu diketahui bahwa unggah SPTJM verpal ponsel ini ada batas waktunya, berikut jadwalnya

Untuk unduh SPTJM paling lambat:

a. tanggal 28 Agustus 2021 untuk bulan pertama;

b. tanggal 28 September 2021 untuk bulan kedua; dan

c. tanggal 28 Oktober 2021 untuk bulan ketiga.

Untuk unggah SPTJM paling lambat:

a. tanggal 31 Agustus 2021 untuk bulan pertama;

b. tanggal 30 September 2021 untuk bulan kedua; dan

c. tanggal 31 Oktober 2021 untuk bulan ketiga.

Demikian cara melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel pendidik dan peserta didik di verpalponsel.data.kemdikbud.go.id.