Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Penerima BSU Guru Honor Tahun 2021

BSU Guru adalah bantuan subsidi upah yang diberikan pemerintah melalui kemdikbud kepada guru dan tenaga pendidik non PNS atau honor. Banyak diberitakan bahwa BSU guru honor tahun 2021 ini akan segera dicairkan pada september ini. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui apakah guru honor masuk dalam nominasi penerima BSU Guru tahun 2021? Dan apa saja pesyaratan yang harus di penuhi oleh guru atau tenaga pendidik untuk mendapatkan BSU Guru tahun 2021 ini? Berikut penjelasanya

Syarat Penerima BSU Guru

Jika melihat BSU guru tahun 2020 lalu, ada beberapa pesyaratan atau kriteria yang harus di penuhi oleh guru dan tenaga pendidik agar dapat menerima BSU Guru, berikut persyaratannya

1. WNI ( Warga Negara Indonesia )

2. Guru atau tenaga Pendidik Non PNS atau berstatus Honor

3. Terdaftar dan berstatus aktif dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) 

4. Tidak menerima Bantuan Subsidi Upah BPJS ketenagakerjaan 

5. Bukan penerima Kartu Prakerja 

6. Memiliki penghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan 

Jadi kalau kita melihat pesrayaratan tahun 2020 lalu, ada 6 kriteria atau persyaratan yang harus dipenuhi oleh guru dan tenaga pendidik yang berstatus honor atau non pns. Untuk persyaratan BSU guru tahun 2021 ini kemungkinan sama atau tidak jauh berbeda dengan persyaratan BSU guru tahun lalu.

Lantas bagaimana agara guru dan tenaga pendidik honor bisa mengetahui apakah mereka masuk dalam nominasi penerima BSU guru tahun 2021 atau tidak? Caranya sangat mudah sekali silahkan simak petunjuk dibawah ini

Cek Penerima BSU Guru Tahun 2021

1. Login ke Info GTK

Langkah pertama untuk melihat apakah GTK termasuk dalam daftar penerima BSU Guru atau tidak adalah dengan mengakses info GTK di info.gtk.kemdikbud.go.id bapak ibu bisa mengakses laman tersebut menggunakan laptop atau HP, pastikan jaringan internet yang bapak ibu gunakan stabil.

Bagi bapak ibu yang masih bingung untuk login ke info GTK silahkan baca artikel cara cek inof gtk ini.

2. Masukan Email dan Pasword

Selanjutnya setelah masuk ke laman info.gtk.kemdikbud.go.id silahkan masukan email dan pasword akun GTK yang terdaftar di dapodik. Harap di pastikan bahwa akun yang bapak ibu gunakan adalah akun yang terdaptar di dapodik, jika bapak ibu mengalami kendala saat login bapak ibu bisa meminta bantuan operator sekolah.

3. Cek Status Nominasi BSU

Selanjutnya setelah berhasil masuk ke akun info GTK maka pada dahsboar info GTK akan langsung menampilkan apakah GTK termasuk dalam daftar nominasi penerima BSU Guru tahun 2021 atau tidak.

Namun sampai saat artikel ini dibuat, status info GTK masih periode januari juni 2021 atau semester 1, jadi kemungkinan Nominasi BSU akan muncul di info GTK semester 2 atau periode juli desember 2021, silahkan cek secara berkala info gtk.