Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cut Off Dana BOS 31 Agustus 2022, Cek 52.514 Sekolah Belum Sinkron Dapodik

progres pengiriman dapodik versi 2022

Cut Off BOS Tahap 3 tahun 2022 
jatuh pada tanggal 31 agustus 2022, dengan demikian setiap sekolah wajib memutakhirkan data dapodik sebelum tanggal tersebut. Sinkronisasi dapodik diperlukan guna penghitungan dana bos yang akan disalurkan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler pada Pasal 3 poin 2 a, Sekolah mengisi dan melakukan pemutakhiran Dapodik sesuai dengan kondisi riil di sekolah sampai dengan tanggal 31 Agustus. 

Kemdikbud juga menyampaikan surat kepada kepada Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, serta LPMP atas kerja sama yang baik sehingga sekolah sudah melakukan sinkronisasi. Untuk berperan aktif mendorong sekolah segera melakukan sinkron dapodik versi 2022.

Tepat pada tanggal 16 agustus 2022 kemdikbud merilis jumlah sekolah yang belum melakukan sinkron dapodik, jumlah keseluruhan sekolahnya adalah 52.514 sekolah yang terdiri dari SD, SMP, SMA , SMK dan SLB. Berikut cara cek progres sinkron dapodik untuk satuan pendidikan TK SD SMP SMA SMK SLB :

Cara Cek Progres Pengiriman Dapodik

Untuk melihat progres pengiriman data dapodik bisa dilakukan oleh siapa saja, baik kepala sekolah, guru, tenaga pendidik bahkan masyarakat, yang perlu di persiapkan hanya perangkat baik HP atau Laptop yang terhubung ke internet.

1. Buka dapo.kemdikbud.go.id

Langkah pertama untuk melihat progres pengiriman data dapodik adalah dengan mengunjungi laman resmi dapodikdasmen kemdibud di dapo.kemdikbud.go.id

Untuk langsung cek progres pengiriman data dapodik, bapak ibu bisa langsung pilih propinsi di postingan daftar link cek progres pengiriman dapodik ini.

2. Pilih Progres Data

Setalah masuk ke laman dapo.kemdikbud.go.id tersebut bapak ibu langsung pilih menu progres data, pada menu progres data ini terdapat submenu tingkat satuan pendidikan, mulai dari TK sampai SMA SMK. 

3. Pilih Jenjang Sekolah

Selanjutnya pada menu progres data ini silahkan pilih jenjang sekolah sesuai dengan sekolah bapak ibu.

4. Pilih Propinsi

Langkah ke empat untuk melihat progres pengiriman data dapodik ini adalah dengan memilih propinsi

5. Pilih Kabupaten

Setelah memilih propinsi silahkan bapak ibu memilih kabupaten atau kota tempat sekolah bapak ibu berada

6. Pilih Kecamatan

Langkah ke enam untuk melihat progres pengiriman data dapodik tahun 2021 adalah memilih kecamatan, silahkan pilih kecamatan yang sesuai dengan kecamatan sekolah bapak ibu

7. Cari Sekolah

Setelah memilih kecamatan maka seluruh satuan pendidikan yang berada di wilayah kecamatan tersebut akan muncul, silahkan cari dan lihat progres pengiriman data dapodik sekolah bapak ibu. Pada data sekolah ini bapak ibu bisa melihat waktu pengiriman dapodik yang dilakukan oleh operator sekolah, selain itu bapa ibu juga bisa melihat apakah sekolah bapak ibu sudah sinkron atau belum.

progres pengiriman dapodik versi 2022

Demikian cara cek progres pengiriman data dapodik versi 2022, semoga bapak ibu segera bisa menyelesaikan pemutakhiran data dapodik versi 2022 ini sesuai dengan keadaan sekolah.