Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

INFO GTK STATUS VALIDASI TUNJANGAN PROFESI : TIDAK VALID (1. Belum Update Data/Dapodik)

Saat ini info GTK sudah memperbarui periodenya menjadi Juli – desember 2021, jadi perbaruan ini juga akan menampilkan status validasi tunjangan profesi untuk semester 2 dan juga akan menampilkan daftar nominasi penerima BSU guru.

Namun info GTK saat ini masih dalam tahap update data, terlihat masih tertulis jelas di info GTK bahwa sedang uji coba. 

Namun demikian untuk status validasi tunjangan sertifikasi tetap akan ditampilkan dibagian paling atas seperti biasa, ada yang valid dan juga masih ada yang tidak valid.

info gtk status validasi tunjangan profesi : tidak valid (1. belum update data/dapodik)

Untuk info GTK dengan status validasi tunjangan profesi tidak valid dengan keterangan belum update data/ dapodik silahkan lanjutkan membaca postingan ini, karena kami akan berbagi cara mengatasinya.

Sebelum kita masuk ke pembahasan bagaimana cara mengatasi Info GTK Status Validasi Tunjangan profesi Tidak Valid dengan keterangan belum update data/dapodik, kita lihat dulu bagaimana cara login ke info GTK berikut ini

2 Cara Login Info GTK

Untuk login ke info GTK ini terdapat dua cara dengan menggunakan akun yang sama, cara yang pertama yaitu login langsung ke GTK dan kedua login menggunakan SSO silahkan simak langkah langkahnya berikut

Login Langsung ke GTK

A. Buka Website Info GTK

Langkah pertama untuk membuka info GTK adalah dengan mengakses laman info GTK di https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ silahkan akses menggunakan HP ataupun laptop.

Selanjutnya setelah bapak ibu masuk ke dalam laman tersebut, maka bapak ibu akan melihat dua pilihan menu login yaitu login langsung ke GTK dan login menggunakan SSO, silahkan pilih login langsung ke GTK.

B. Masukan Username dan Pasword

Langkah kedua setelah bapak ibu memilih login langsung ke GTK maka bapak ibu akan diminta untuk memasukan username dan pasword akun dapodik, silahkan login.

C. Cek Info GTK

Jika kita menggunakan login langsung ke GTK maka setelah kita berhasil login, maka akan langsung tampil di dasboar info GTK, dengan demikian kita bisa langsung cek info GTK dan mengetahui apakah status validasi tunjangan profesi valid atau tidak.

Lalu bagaimana jika kita ingin login ke info GTK menggunakan sso? Simak langkahnya berikut

Login Menggunakan SSO

A. Buka info.gtk.kemdikbud.go.id

Langkah pertama untuk cek info gtk baik langsung ke GTK atau menggunakan SSO caranya sama yaitu kita harus masuk ke laman info.gtk.kemdikbud.go.id

B. Login Menggunakan SSO

Nah setelah itu berada di laman info GTK ini silahkan pilih login menggunakan SSO, perlu diperhatikan bahwa menu login menggunakan SSO ini berada tepat dibawah menu login langsung ke GTK

C. Masukan username dan Pasword

Langkah selanjutnya adalah untuk masukan username dan pasword dapodik, untuk username dan pasword ini juga sama baik login langsung ke GTK atau login menggunakan SSO.

D. Pilih Biodata

Nah, jika kita login langsung ke GTK setelah memasukan username dan pasword kita akan langsung masuk ke dasboar info GTK, tetapi jika login menggunakan SSO ini kita akan masuk akun PTK.

info gtk status validasi tunjangan profesi : tidak valid (1. belum update data/dapodik)

Pada akun PTK ini terdapat beberapa menu seperti biodata, beban ajar, tugas, pendidikan dan sebagainya. Untuk membuka info GTK langsung saja pilih menu biodata.

E. Buka Info GTK

Selanjutnya setelah memilih menu biodata, bapak ibu langsung saja scroll sampai ke paling bawah kemudian pilih menu Info GTK lalu klik buka info GTK, maka laman info GTK bapak ibu akan ditampilkan di tab baru.

info gtk status validasi tunjangan profesi : tidak valid (1. belum update data/dapodik)

Jadi terdapat perbedaan cek info gtk antara login langsung ke GTK dan login menggunakan SSO, login langsung ke GTK lebih simpel dan cepat.

Sekarang kita kembali ke topik yaitu cara atasi Info Gtk Status Validasi Tunjangan Profesi : Tidak Valid (1. Belum Update Data/Dapodik), berikut langkah langkahnya

Atasi Validasi Tunjangan Profesi : Tidak Valid

1. Instal Patch 2022 a

Langkah pertama untuk memperbaiki masalah ini silahkan bapak ibu instal dapodik patch 2022 a. karena saat ini dapodik versi 2022 a sudah bisa di download.

2. Perbarui Riwayat Sertifikasi

Langkah ketiga untuk memperbaiki masalah status validasi tunjangan profesi : tidak valid (1. belum update data/dapodik) di dapodik 2022 a ini adalah dengan memperbarui data riwayat sertifikasi

3.  Perbarui Penugasan

langkah terakhir yang harus dilakukan untuk memperbaiki masalah status validasi tunjangan profesi : tidak valid (1. belum update data/dapodik) adalah mengisi penugasan gtk, silahkan conteng sampai bulan berjalan dan perbarui tmt surat tugas dan tmt tugas.

4. Sinkron

Terakhir setelah bapak ibu melakukan perbaikan data diatas silahkan lakukan sinkron dapodik versi 2022 a. kemudian cek secara berkala info GTK bapak ibu.

Demikian postingan kali ini, semoga Info Gtk Status Validasi Tunjangan Profesi segera valid.