Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RILIS PEMBARUAN PATCH DAPODIK VERSI 2022 A

Bapak ibu yang berbahagia, saat ini kemdikbud sudah merilis pembaruan patch dapodik versi 2022, ada tiga patch yang dirilis pada laman dapodikdasmen yaitu aplikasi pembaruan dapodik versi 2022 a, aplikasi dapodik versi 2022 a input nilai UPK, aplikasi dapodik versi 2022 a – SP kurikulum penggerak. 

Pada kesempatan yang baik ini kita akan membahasa dapodik versi 2022 a dulu, pada patch pembaruan ini terdapat beberapa perubahan pada aplikasi, adapun pembaruan dan perubahannya sebagai berikut

[Pembaruan] 

1. Terakomodirnya pembelajaran untuk sekolah penggerak untuk jenjang SD, SMP, dan SMA

[Perbaikan]

1. Dibukanya inputan untuk nilai UPK bagi jenjang PKBM/SKB (Diperuntukan bagi satuan pendidikan yang belum mengisi nilai UPK peserta didik.

3. Perbaikan bugs pada saat meluluskan bagi jenjang KB, TPA, dan SPS.

4. Perbaikan validasi untuk pengecekan nama peserta didik dan nama ibu kandung yang mengandung char “tab dan enter” (dibuka hanya semester ganjil TA 2021/2022)

5. Penyesuaian validasi pembelajaran paradigma baru

Silahkan bapak ibu download patch dapodik versi 2022 a ini pada laman resmi dapodikdasmen atau bisa langsung ambil disini.

Bagi bapak ibu yang berbahagia, kami sudah merangkum beberapa pertanyaan terkait dengan masalah dapodik versi 2022 dan patch dapodik versi 2022 a ini, semoga apa yang bapak ibu alami bisa terjawab pada postingan ini

Masalah dan solusi dapodik versi 2022

1. Apakah wajib memasang dapodik patch 2022 a?

Jika bapak ibu bingung apakah patch dapodik versi 2022 a ini wajib di pasang atau tidak, jawabannya adalah wajib. Walaupun bapak ibu sudah menyinkron dapodik pada versi 2022, bapak ibu tetap harus memasang patch pembaruan ini, dan melakukan sinkronsiasi lagi.

Hal tersebut berguna untuk memperbarui prefil dapodik bapak ibu, jadi saat patch dapodik versi 2022 b atau versi selanjutnya bapak ibu bisa dengan mudah menarik datanya.

2. Gagal sinkron dapodik versi 2022?

Munculnya patch pembaruan dapodik versi 2022 a ini salah satunya adalah untuk mengatasi gagalnya sinkron pada dapodik versi 2022, jadi apabila bapak ibu mengalami kesulitan sinkron di aplikasi dapodik versi 2022 silahkan perbarui dapodik bapak ibu ke patch 2022 a.

3. Kapan batas sinkron dapodik 2022?

Kalau melihat dari informasi di dapodikdasmen, batas sinkron atau cut off bos jatuh pada tanggal 30 agustus 2021. Dengan demikian bapak ibu harus selesai menginput atau menarik siswa baru kemudian melakukan sinkron dapodik sebelum tanggal tersebut.

4. Cara menambahkan riwayat pendidikan S1 di dapodik versi 2022?

Pada aplikasi dapodik versi 2022 atau 2022 a bapak ibu tidak bisa lagi menambahkan jenjang pendidikan S1 atau DIV, untuk menambahkan riwayat pendidikan bapak ibu harus masuk ke akun PTK di verpal sso datadik.

5. Bolehkah Instal Aplikasi Dapodik menggunakan Registrasi Online? 

Jika bapak ibu bingung apakah boleh melakukan registrasi secara online, jawabannya adalah sangat dianjurkan, jadi registrasi dapodik secara online ini lebih simpel dan cepat dibanding dengan registrasi offline. Namun bapak ibu harus memastikan kekuatan jaringan internet bapak ibu.

6. Dapodik tidak bisa sinkron, tulisannya disconect

Jika dapodik bapak ibu selalu bertuliskan diconec, silahkan lakukan pembersihan histroy broswer, retsrat laptop, lalu buka lagi aplikasi dapodiknya, pastikan jaringan interntenya kuat.

7. Dapodik gagal sinkron keterangannya proses sinkronisasi masih berjalan

Jika bapak ibu mengalami kendala saat sinkron dengan keterangan proses sinkronisasi masih berjalan, silahkan lakukan langkah – langkah berikut

a. Clear histroi broswer

b. Restart laptop

c. Buka dapodik

d. Validasi ulang

e. Sinkron

Bapak ibu yang berbahagia, demikian beberapa masalah yang mungkin terjadi pada aplikasi dapodik versi 2022 atau versi 2022 a ini, atau jika bapak ibu mengalami masalah lain pada aplikasi dapodik versi 2022 ini silahkan tulisa dikolom komentar, kami akan coba membantu jawab.