Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP 1 LEMBAR KELAS 5 TEMA 2 DAN LAMPIRAN - KURIKULUM 2013

download rpp 1 lembar kelas 5 tema 2

Bapak ibu yang berbahagia, pada kesempatan ini kami akan membagikan file contoh RPP 1 Lembar kelas 5 tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan. Silahkan download RPP ini pada akhir postingan.

RPP 1 Lembar ini dibuat sesuai dengan surat edaran kementerian pendidikan dan kebudayaan nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan Rencana Pemebalajaran. Sebagaimana kita ketahui bahwa penyederhanaan ini membuat RPP hanya memasukan tiga komponen utama saja yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan penilaian.

Sebelum mendownload RPP 1 Lembar kelas 5 ini, kita lihat dulu tujuan pemmbelajaran, kegiatan pembelajaran serta penilaiannya.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan membaca teks bacaan dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan tentang musyawarah.

2. Dengan berdiskusi, siswa mampu menggali informasi dari teks berkaitan dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, mengapa, dan bagaimana.

3. Dengan berdiskusi siswa dapat menuliskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai peserta musyawarah.

4. Dengan menyimak penjelasan guru dan membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur persiapan peragaan karya tari dengan properti.

5. Dengan membuat peta pikiran, siswa dapat menjelaskan unsur-unsur yang harus dipersiapkan untuk memperagakan suatu karya tari yang telah dipilih.


B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan Pembelajaran terdapat tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Setiap kegiatan memiliki alokasi waktu masing masing.

Kegiatan Pendahuluan

1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

A. Ayo Berlatih

Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa. Guru mengajak siswa mengamati gambar lalu bertanya jawab dengan pertanyaan berikut.

1.  Apa yang kalian ketahui tentang musyawarah?

2.   Apa kalian pernah melakukan musyawarah?

3.  Apa masalah yang biasa kalian musyawarahkan?

Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya dengan percaya diri.

Guru membangun suasana belajar yang menyenangkan dan menantang dengan pendekatan interaktif

B. Ayo Menulis

  • Pada kegiatan AYO MENULIS: setelah membaca materi tentang peragaan karya tari dalam buku siswa, siswa lalu menjawab soal terkait dengan materi. Kemudian, siswa menuliskan jawabannya pada kolomyang telah disediakan.
  • Siswa diminta untuk mengerjakan soal secara mandiri.

C. Ayo Renungkan

  • Siswa menceritakan pemahamannya mengenai musyawarah.
  • Siswa menceritakan pengalamannya melihat atau melaksanakan musyawarah.

D. Kerja Sama Dengan Orang Tua

Hasil yang Diharapkan:

  • Siswa mengetahui tata cara musyawarah dan manfaatnya.
  • Bersama orang tua, siswa mengingat musyawarah yang pernah dilakukan bersama-sama. Misalnya saat bermusyawarah menentukan tujuan liburan, menentukan pembagian pekerjaan dalam rumah, atau saat bermusyawarah memilih hewan peliharaan.
  • Siswa menuliskan pengalamannya dalam melakukan salah satu di antara musyawarah-musyawarah tersebut. Dalam tulisan itu disebutkan tanggal musyawarah dilakukan, peserta musyawarah (yaitu anggota keluarga), tujuan musyawarah, jalannya musyawarah, dan hasil khir musyawarah. Siswa dapat menuliskan dalam format berikut.

Penutup

  • Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 
  • Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 
  • Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 

Penugasan dirumah

Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya. 

Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

C. PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian. 

Bapak ibu yang berbahagia, itulah gambaran dari RPP 1 Lembar kelas 5 tema 2 ini, untuk lampirannya sudah ada dalam file RPP nya. Selanjutnya silahkan download RPP 1 Lembar ini dibawah

RPP 1 LEMBAR KELAS 5 TEMA 2 SUBTEMA 1


Demikian postingan kali ini, semoga file contoh RPP 1 Lembar kelas 5 ini bisa membantu bapak ibu dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekolah bapak ibu.