Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP 1 LEMBAR KELAS 6 TEMA 2 SUBTEMA 1

rpp 1 lembar kelas 6 tema 2

Bapak Ibu yang berbahagia pada kesempatan yang baik ini kami akan kembali membagikan file contoh RPP 1 Lembar, RPP yang kami bagikan ini sudah dibuat dalam format file word atau doc sehingga bapak ibu bisa mengeditnya setelah mendownload RPP 1 Lembar ini.

RPP 1 halaman atau RPP 1 Lembar yang kita kenal saat ini lebih sederhana dan lebih hemat, tapi tidak mengurangi kualitas pembelajaran bapak ibu. Hanya saja administrasi guru lebih simpel dan lebih mudah dipahami. Sesuai dengan surat edaran kementerian pendidikan dan kebudayaan nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan Rencana Pembalajaran, RPP 1 Lembar dibuat hanya dengan memuat tiga komponen utama yaitu Tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian atau asesmen.

Bapak ibu yang berbahagia file contoh RPP 1 Lembar yang kami bagikan ini adalah RPP kelas 6 tema Persatuan dalam Perbedaan (tema 2) dengan subtema 1 Rukun dalam Perbedaan lengkap dengan lampirannya. Sebelum mendownloadnya kita lihat dulu Tujuan Pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian dari RPP kelas 6 berikut

1. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca teks tentang tokoh Proklamasi Kemerdekaan, siswa mampu menyebutkan informasi penting menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.

2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail.

3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan tiga kegiatan yang sesuai dengan nilai persatuan dan kesatuan dalam kegiatannya di kelas.

2. Kegiatan Pembelajaran

Pada kegiatan pembelajaran terdapat tiga bagian yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Setiap kegiatan terdapat uraian kegiatan dan alokasi waktu.

Kegiatan Pendahuluan

  • Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  • Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)     

Kegiatan Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca 

  • Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberikan waktu sekitar 2 menit. (Mandiri)
  • Siswa melanjutkan kegiatan dengan menemukan informasi penting dan mengisinya pada peta pikiran.
  • Di dalam kelompoknya, siswa menyampaikan peta pikirannya.
  • Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan peta pikirannya di depan kelas dan memberikan masukan. Siswa lain diberi kesempatan untuk berkomentar. Guru memberikan penguatan.
  • Setiap siswa kemudian mengembangkan peta pikirannya dan membacakannya di depan kelas. (Creativity and Innovation)

Ayo Menulis

  • Guru dapat memulai kegiatan berikutnya dengan mengajak siswa untuk berdiskusi tentang nilai persatuan di kehidupan sehari-hari. Guru memimpin diskusi secara klasikal.
  • Setiap siswa kemudian menulis rencana penerapan nilai persatuan di dalam kegiatan kelasnya. Tulisan mereka harus memuat paling sedikit dua contoh kegiatan, rencana pelaksanaan kerja sama, siapa saja yang dilibatkan, dan tempat pelaksanaan serta manfaatnya.
  • Siswa menyampaikan hasilnya kepada teman kelompok. Setelah itu, mereka menyampaikannya kepada guru. (Creativity and Innovation)

Kegiatan Penutup

A. Ayo Renungkan

  • Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. 
  • Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.

B. Kerja Sama dengan Orang Tua

  • Siswa diminta mendiskusikan tentang pentingnya hidup rukun dengan teman bersama orang tua.
  • Siswa menyampaikan hasilnya kepada guru.

C. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi 

D. Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)     

3. PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Demikian bapak ibu gambaran dari RPP kelas 6 ini, silahkan bapak ibu download filenya dibawah ini

RPP  1 LEMBAR KELAS 6 TEMA 2 SUBTEMA 1

Cara download RPP kelas 6 ini sangat mudah, silahkan klik linkya diatas kemudian bapak ibu akan langsung diarahkan ke laman google drive setelah itu bapak ibu klik unduh.

Demikian postingan kali ini semoga file contoh RPP 1 Lembar kelas 6 tema 2 subtema 1 ini bermanfaat bagi bapak ibu dan bisa membantu bapak ibu dalam menyusun RPP semester 1 tahun 2021 2022 ini