Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP 1 LEMBAR KELAS 6 TEMA 3 SUBTEMA 1 + LAMPIRAN

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP saat ini dibuat lebih sederhana, RPP dibuat hanya memuat tiga komponen utama saja yaitu Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian. Dengan adanya penyederhanaan ini RPP bisa dibuat menjadi satu halaman atau yang lebih dikenal dengan RPP 1 Lembar.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan file contoh RPP 1 lembar untuk kelas 6 tema 3 Tokoh dan Penemuan subtema 1 Penemu yang Mengubah  Dunia. RPP yang kami bagikan ini sudah dibuat dalam format file word sehingga bapak ibu bisa langsung menyesuaikannya. RPP ini juga sudah dilengkapi dengan lampiran materi.

Sebelum mendownload RPP kelas 6 ini, kita lihat dulu Tujuan Pembelajaran, Kegiatan pembelajaran dan penilaian RPP ini, berikut gambarannya 

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan membaca, siswa  mampu  menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca  tentang penemu yang mengubah dunia dengan mandiri.

2. Setelah membaca, siswa mampu  mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca  tentang penemu yang mengubah dunia dengan peta pikiran yang tepat.

3. Dengan  mengamati, siswa mampu mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana dengan tepat.

4. Setelah pengamatan, siswa mampu menyajikan hasil pengamatan tentang  komponen-komponen listrik dalam rangkaian listrik sederhana dan fungsinya dengan tepat.

5. Dengan mengamati dan melakukan wawancara, siswa mampu  mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat atas ditemukannya listrik dengan tepat. 

6. Dengan mengamati dan melakukan wawancara, siswa mampu  melaporkan perubahan sosial budaya masyarakat dengan ditemukannya listrik dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.

B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN 

Pada kegiatan pembelajaran RPP terdapat tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan atau awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam setiap tahapan kegiannya terdapat alokasi waktu. 

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

II. Kegiatan Inti

Ayo Membaca 

  • Siswa diminta mengamati lampu di ruangan kelas.
  • Guru mengajukan pertanyaan pembuka: 
  • Tahukah kamu tokoh  penemu listrik? 
  • Bagaimana proses arus listrik hingga dapat menyalakan lampu di kelas? 
  • Siswa secara berpasangan diminta  berdiskusi untuk menemukan jawaban. 
  • Siswa diminta membaca senyap teks tentang penemu listrik yang terdapat di buku. (Critikal Thinking and Problem Formulation)
  • Setelah membaca senyap, guru dapat meminta satu atau beberapa siswa membaca kembali teks tersebut dengan suara dikeraskan. 
  • Siswa menjawab pertanyaan bacaan.
  • Siswa secara berpasangan mendiskusikan jawaban dengan satu atau beberapa orang teman di dekatnya.  Siswa kemudian saling melengkapi jawaban mereka untuk mendapatkan jawaban yang lengkap. 
  • Siswa dan guru mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal. Guru mengarahkan siswa untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat.
  • Siswa menyimpan jawaban pertanyaan untuk digunakan pada kegiatan lanjutan di pembelajaran tiga.

Ayo Berdiskusi

  • Siswa mengamati gambar rangkaian  seri pada lampu dan baterai di dalam senter yang terdapat di buku.
  • Siswa menuliskan proses perjalanan arus listrik dari rangkaian seri berdasarkan hasil pengamatan pada  senter. Siswa diharapkan melengkapi tulisan mereka dengan gambar rangkaian seri pada senter. (Creativity and Innovation)
  • Siswa mendiskusikan tulisan dan gambar mereka dengan teman dalam kelompok untuk mendapatkan jawaban yang benar.
  • Guru memberikan penguatan.
  • Siswa kemudian menuliskan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat percobaan rangkaian seri pada pembelajaran ketiga. 
  • Siswa mendiskusikan alat dan bahan yang diperlukan bersama teman dengan bimbingan guru.(Critical Thinking and Problem Solving)

Ayo Mengamati

  • Guru meminta satu siswa untuk menyalakan lampu di kelas.
  • Siswa diminta untuk mengamati lampu tersebut.
  • Guru mengajukan pertanyaan:
    -  Apa perbedaan kehidupan antara masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik?
    - Bagaimana listrik dapat memengaruhi kehidupan di dunia? (HOST)
  • Siswa mendiskusikan pertanyaan dengan teman dan menuliskannya pada tabel yang tersedia. 
  • Siswa kemudian melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang pengaruh listrik terhadap perubahan kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia.
  • Siswa menuliskan informasi yang didapat pada tabel yang tersedia.
  • Guru memeriksa hasil wawancara siswa.

III. Kegiatan Penutup

A. Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. 

Peserta Didik :

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

C. PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Demikian gambaran kerangka dari RPP kelas 6 tema 3 ini, selanjutnya silahkan bapak ibu ambil filenya dibawah ini

RPP 1 LEMBAR KELAS 6 TEMA 2 KURIKULUM 2013

Untuk mendownload RPP ini sangat mudah, setelah bapak ibu memilih RPP diatas maka bapak ibu akan langsung diarahkan ke laman google drive, selanjutnya klik unduh di sudut kanan atas maka RPP ini akan terdownload ke perangkat bapak ibu.

Semoga file contoh RPP 1 lembar kelas 6 tema 3 subtema 2 ini bisa membantu bapak ibu dalam menyusun RPP semester 1 tahun 2021 2022 ini.