Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SYARAT PENERIMA BSU GURU HONOR TAHUN 2021

Belakangan ini banyak beredar bahwa pemerintah akan kembali mencairkan bantuan subsidi upah atau bsu guru honor. Bahkan banyak beredar bahwa bsu guru honor akan cair di bulan september 2021. Tentu berita tersebut disambut gembira bagi guru dan tenaga pendidik yang masih berstatus non pns atau honor, pasalnya jumlah bantuan subsidi upah tersebut cukup banyak yaitu sekitar 1,8 juta rupiah.

Mungkin bagi bapak ibu guru yang baru mengabdi di sekolah maish belum tau bagaimana cara untuk mengetahui apakah bapak ibu masuk dalam daftar penerima bsu atau tidak. Sebelum kita melihat apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh guru dan tenaga pendidik agar bisa masuk nominasi penerima bsu ini, kita lihat dulu cara untuk mengecek apakah bapak ibu masuk penerima bsu atau tidak.

Cara Cek Penerima BSU

Jadi untuk mengetahui apakah bapak ibu masuk nominasi penerima bsu atau tidak caranya sanga mudah sekali, bapak ibu bisa melakukannya sendiri silahkan simak langkah berikut ini

1. Masuk ke Info GTK

Langkah pertama untuk mengetahui apakah bapak ibu masuk dalam nominasi penerima bsu atau tidak adalah dengan mengakses info gtk, silahkan buka laman info.gtk.kemdikbud.go.id di broswer hp atau laptop bapak ibu.

2. Masukan username dan pasword

Setelah bapak ibu berhasil membuka laman info.gtk.kemdikbud.go.id maka bapak ibu akan diminta untuk memasukan username dan pasword. Username dan pasword ini adalah akun yang terdaftar di dapodik.

Jadi apabila bapak ibu belum mengetahui akun ptk bapak ibu silahkan hubungi operator sekolah. Dan jika bapak ibu masih bingung untuk mengakses akun info gtk silahkan simak panduannya di 2 cara login info gtk.

3. Cek Info GTK

Selanjutnya setelah bapak ibu berhasil login info gtk di info.gtk.kemdikbud.go.id maka bapak ibu akan langsung melihat branda akun ptk bapak ibu. Pada branda inilah keterangan penerima bsu akan langsung tampil.

Apabila bapak ibu masuk dalam nominasi penerima bsu, maka keterangannya akan terlihat pada bagian atas info gtk tersebut, dan selanjutnya ada perintah cetak SPTJM.

Jadi sangat mudah sekali untuk mengetahui apakah bapak ibu masuk dalam nominasi penerima bsu guru tahun 2021 atau tidak. Hanya dengan mengakses info gtk di info.gtk.kemdikbud.go.id

Lalu apa sih syarat agar guru dan tenaga pendidik bisa masuk dalam daftar penerima Bantuan subsidi upah guru honor tersebut? Untuk tahun 2021 ini belum ada keterangan pasti dari kemdikbud, namun kalau kita melihat tahun sebelumnya ada 6 kriteria yang wajib dipenuhi oleh guru dan tenaga pendidik agar bisa menerima bsu guru, berikut kriteranya

Syarat Penerima BSU Guru Honor

1. WNI ( Warga Negara Indonesia )

Syarat pertama bagi guru dan tenaga pendidik agar bisa mendapatkan bantuan susbsidi upah tersebut adalah berstatus warga negara indonesia.

2. Guru atau tenaga Pendidik Non PNS

Syarat kedua adalah guru dan tenaga pendidik yang masih berstatus honor atau non pns, baik mengajar di sekolah negeri atau swasta.

3. Terdaftar di dapodik

Syarat yang paling penting agar bapak ibu bisa masuk dalam nominasi penerima bsu adalah terdaftar di dapodik serta berstatus aktif 

4. Tidak mendapatkan Bantuan Subsidi Upah BPSJ

Syarat ke empat untuk menerima bantuan susbsidi upah guru adalah tidak menerima Bantuan Subsidi Upah atau BSU dari BPJS Ketenagakerjaan

5. Bukan penerima Kartu Prakerja 

Syarat selnajutnya adalah guru dan tenaga pendidik yang tidak menerima manfaat program kartu prakerja

6. Gaji di bawah Rp 5 juta per bulan 

Terakhir syarat yang harus dipenuhi oleh guru dan tenaga pendidik adalah memiliki pendapatan dibawah 5 juta perbulan, yang dibuktikan dengan SPTJM.

Jadi untuk bisa masuk dalam daftar penerim bsu guru honor ada enam syarat yang harus di penuhi oleh guru dan tenaga pendidik. Semoga bapak ibu yang masih berstatus honor akan mendapatkan BSU tahun ini. Silahkan pantau terus info gtk di info.gtk.kemdikbud.go.id