Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Updater Dapodik Versi 2022 a [ Panduan Instal Sampai Sinkron ]

Patch Dapodik versi 2022 a sudah dirilis oleh kemendikbud pada laman dapodikdasmen, bapak ibu bisa langsung mendownload patch dapodik versi 2022 a di laman dapodikdasmen atau bisa langsung mendownloadnya pada akhir postingan ini.

Namun sebelum mendownload Update dapodik versi 2022 a mari kita lihat pembaruan dan perubahan pada dapodik versi 2022 a ini. Adapun pembaruan dan perbaikan yang dilakukan pada Aplikasi Dapodik versi 2022.a adalah sebagai berikut:

1. Pembaruan 

Updater dapodik versi 2022 a ini tidak mengalami pembaruan, pembaruannya hanya pada Terakomodirnya pembelajaran untuk sekolah penggerak untuk jenjang SD, SMP, dan SMA

2. Perbaikan

Selain pembaruan updater dapodik versi 2022 a ini juga melakukan perbaikan, berikut beberap perbaikan pada patch dapodik 2022 a

  • Dibukanya inputan untuk nilai UPK bagi jenjang PKBM/SKB (Diperuntukan bagi satuan pendidikan yang belum mengisi nilai UPK peserta didik.
  • Perbaikan bugs pada saat meluluskan bagi jenjang KB, TPA, dan SPS.
  • Perbaikan validasi untuk pengecekan nama peserta didik dan nama ibu kandung yang mengandung char “tab dan enter” (dibuka hanya semester ganjil TA 2021/2022)
  • Penyesuaian validasi pembelajaran paradigma baru

Lalu bagaiamana cara menginstal aplikasi dapodik versi 2022 a ini? Silahkan ikuti langkah instal dapodik versi 2022 a dibawah ini

3. Car Instal Dapodik 2022 a

Bagi bapak ibu yang akan melakukan instal updater dapodik versi 2022 a, silahkan ikuti panduan dibawah ini

A. Dapodik Versi 2022 sudah terinstal

Sebelum menginstal aplikasi dapodik versi 2022 a, pastikan bapak ibu sudah menginstal aplikasi dapodik versi 2022. Karena dapodik versi 2022 a ini adalah patch atau updater. 

Jika bapak ibu sudah menginstal aplikasi dapodik versi 2022 silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya

2. Download Patch Dapodik versi 2022 a

Selanjutnya silahkan bapak ibu download patch dapodik versi 2022 a ini pada laman dapodikdasmen. Atau bapak ibu bisa langsung mendownloadnya dibawah ini

https://cdn-dapodik.kemdikbud.go.id/rilis/dapodik_2022/patch_dapodik_2022a.exe

https://cdn.datadik.id/Patch_Dapodik_2022a.exe

3. Cleasr History

Langkah selanjutnya setelah bapak ibu mendownload patch dapodik versi 2022 a ini, bapak ibu perlu melakukan pembersian pada broswer yang bapak ibu gunakan.

Jika bapak ibu menggunakan google chrome silahkan lakukan pembersihan history di google chrome bapak ibu.

4. Instal 

Selanjutnya setelah bapak ibu membersihkan history di broswer bapak ibu, silahkan instal patch dapodik versi 2022 a. lakukan instal patch ini seperti biasa. Pastikan bapak ibu tidak sedang membuka aplikasi dapodik, artinya dapodik harus ditututup.

5. Retsart Komputer

Selanjutnya setelah bapak ibu berhasil menginstal dapodik versi 2022 a ini, silahkan lakukan retstart komputer atau laptop yang bapak ibu gunakan. Hal ini perlu dilakukan agara aplikasi dapodik berjalan dengan baik.

6. Buka Dapodik

Terakhir setelah bapak ibu berhasil mengisntal patch dapodik versi 2022 a ini, silahkan langsung buka aplikasi dapodik bapak ibu. Silahkan login menggunakan username dan pasword dapodik.

Setelah bapak ibu berhasil login, silahkan lakukan penyegaran aplikasi dapodik, dengan cara merefresh broswer atau menggunakan tombol pada keyboard ctrl + F5. Lakukan refresh ini sampai tampilan dapodik versi 2022 a ini sempurna.

7. Isi data

Setelah selesai melakukan refresh pada dapodik versi 2022 a, bapak ibu sudah bisa melanjutkan pengisian data siswa baru, data sapras, data rombel, anggota rombel, jadwal pelajaran atau perbaikan data lainnya pada dapodik versi 2022 a.

8. Sinkron

Terakhir silahkan lakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik versi 2022 a ini, pastikan bapak ibu melakukan validasi di akun operator sebelum menukar pengguna. Karena jika ada kesalahan bisa langsung di perbaiki.

Demikian panduan instal patch dapodik versi 2022 a ini, jika bapak ibu mengalami kendala silahkan tulis dikolom komentar.