Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Data Mahasiswa di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDDIKTI)

cek data mahasiswa

Halo mahasiswa, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi cara cek data mahasiswa di pangkalan data perguruan tinggi atau yang lebih dikenal pddikti.

PDDikti merupakan kumpulan data penyelenggaraan pendidikan tinggi seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional.

Lalu apa saja kerugian jika mahasiswa tidak terdfatra di pddikti? Berikut 5 kerugian mahasiswa yang datanya tidak terdaftar di dikti :

Kesulitan Mendapat Beasiswa

Kesulitan Melakukan Kegiatan Penelitian

Tidak Bisa Ikut Lomba Tingkat Mahasiswa 

Tidak Bisa Pindah ke Kampus Lain

Tidak Bisa Ikut CPNS 

Lalu bagaimana cara mengecek data mahasiswa apakah terdaftar di pddikti atau tidak? Berikut langkah langkahnya

1. Buka https://pddikti.kemdikbud.go.id/

Langkah pertama untuk melihat data mahasiswa di pddikti adalah membuka situs resmi pddikti kemdikbud di https://pddikti.kemdikbud.go.id/

2. Masukan NIM

cek data mahasiswa

Langkah selanjutnya adalah memasukan Nomor Induk Mahasiswa atau NIM, setelah memasukan NIM maka data mahasiswa akan di tampilkan silahkan lihat data mahasiswa yang muncul apakah ada yang sesuai dengan data kamu

3. Pilih Mahasiswa

Jika data kamu sudah muncul silahkan klik data tersebut maka pddikti akan menampilkan seluruh data mahasiswa seperti

Nama, Jenis Kelamin, Perguruan Tinggi, Program Studi, Jenjang, Nomor Induk Mahasiswa, Semester Awal, Status Awal Mahasiswa, Status Mahasiswa Saat ini dan Nomor Ijazah.

Demikian cara cek apakah data kamu terdaftar di pangkalan data perguruan tinggi atau tidak.

Lalu bagaimana jika data mahasiswa tidak terdaftar di pangkalan data perguruan tinggi? jika memang data mahaiswa tidak ditemukan mahasiswa harus segera melapor ke universitasnya agar data mahasiswa bisa segera di daftarkan di pangkalan data perguruan tinggi.