Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RKAS BOS Kinerja Tahun 2022

Bagi sekolah yang menerima Dana Bantuan Operasional Sekolah Kinerja (BOS Kinerja) Tahun 2022 harus menyusun rencana anggaran sekolah atau RKAS sebelum menggunakan dana BOS Kinerja tersebut.

Pengelolaan Dana BOS Kinerja ini sudah di atus dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Kinerja Dan Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi Tahun Anggaran 2021.

Pada postingan ini kami akan membagikan contoh RKAS Bos Kinerja Tahun 2022 sesuai dengan juknis dari eraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022.

Perlu diketahui bahwa BOS Kinerja ini terdapat tiga kategori yaitu 

a.  Sekolah Penggerak; 

b.  Sekolah yang memiliki prestasi; dan 

c.  Sekolah yang memiliki mutu baik yang memerlukan sarana sanitasi.

Namun kementerian tidak menyebutkan secara langsung apakah sekolah penerima dana bos kinerja termasuk kategori yang mana.

Lalu bagaimana cara melihat kategori BOS Kinerja yang ditetapkan di sekolah bapak ibu? Caranya adalah melihat jumlah dana yang diterima dengan kriteria sebagai berikut 

Berdasarkan peraturan menteri Sekolah  penerima  Dana  BOS  Kinerja  yang  memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sampai dengan ayat (4) ditetapkan oleh Menteri. 

1. Alokasi dana untuk Sekolah Penggerak yang ditetapkan sebagai penerima Dana BOS Kinerja sebesar: 

a.  Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah) untuk setiap SD; - 9 - 

 b.  Rp 175.000.000,00  (seratus  tujuh  puluh  lima  juta rupiah) untuk setiap SMP; 

c.  Rp 200.000.000,00  (dua  ratus  juta  rupiah)  untuk setiap SMA; dan 

d.  Rp 160.000.000,00 (seratus enam puluh juta rupiah) untuk setiap SDLB, SMPLB, SMALB, dan SLB. 

 2. Alokasi dana untuk sekolah yang memiliki prestasi yang ditetapkan sebagai penerima Dana BOS Kinerja sebesar Rp 60.000.000 (enam puluh juta rupiah) setiap sekolah. 

 3. Alokasi  dana  untuk  sekolah  yang  memiliki  mutu  baik yang  memerlukan  sarana  sanitasi  yang  ditetapkan sebagai  penerima  Dana  BOS  Kinerja  sebesar Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah) setiap sekolah. 

Jadi dengan melihat jumlah dana yang diterima dari kementerian bapak ibu bisa mengetahui sekolah bapak ibu masuk BOS Kinerja kategori mana, sehingga bapak ibu bisa menyusun RKAS Bos Kinerja sesuai dengan juknis.

Jika bapak ibu sudah mengetahui Kategori sekolah bapak ibu, langsung saja download contoh RKAS Bos Kinerja tahun 2022 yang kami bagikan dibawah ini, silahkan dirubah sesuai dengan Petunjuk teknis BOS Kinerja Tahun 2022

Contoh RKAS BOS Kinerja Tahun 2022

Jika bapak ibu belum memiliki Petunjuk teknis pengelolaan dana bantuan operasional sekolah kinerja dan afirmasi tahun 2022 silahkan baca pada postingan kami ini.

Demikian contoh RKAS BOS Kinerja semoga bermanfaat.