Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP 1 LEMBAR KELAS 5 TEMA 3 SUBTEMA 1 KURIKULUM 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat  Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? Yang kami bagikan ini sudah dalam format file word, sehingga setelah mengunduhnya bapak ibu bisa langsung mengeditnya.

Sesuai dengan surat edaran kemdikbud nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan rencana pembelajaran, RPP kelas 5 ini memuat tiga komponen utama yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian.

Selain itu RPP ini juga sudah terdapat lampirannya, sehingga bapak ibu bisa melihat kesesuaian materi pada sekolah bapak ibu.

Sebelum mendownload RPP ini kita lihat dulu kerangka dari RPP 1 Lembar kelas 5 ini dibawah

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Dengan mencermati gambar iklan yang disajikan, siswa mampu menjelaskan kesimpulan isi teks iklan 
  2. Dengan merancang iklan media cetak bersama kelompoknya, siswa mampu menyajikan kesimpulan isi teks paparan iklan media cetak secara visual.
  3. Dengan berdiskusi dalam kelompok dan merefleksi proses kerja sama dan diskusi dalam kelompok, siswa menjelaskan makna keanekaragaman. 
  4. Dengan mencermati gambar, siswa menceritakan keanekaragaman adat istiadat. 
  5. Dengan menyanyikan lagu “Mars Hidup Sehat dan diiringi alat musik ritmis sederhana, siswa menyanyikan lagu bertangga nada mayor dengan iringan musik.

B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pembelajaran RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 3 ini terdiri dari tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penilaian. Pada setiap kegiatannya terdapat deskrpsi dan alokasi waktu

Kegiatan pendahuluan

  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

a. Ayo Mengamati

  1. Siswa mengamati gambar iklan media cetak yang disajikan dan mengidentifikasi hal-hal penting dalam iklan tersebut. 
  2. Guru memberikan panduan, hal-hal penting apa saja yang harus dicermati:
    Topik iklan
    Kata kunci dalam iklan
    Gambar iklan
    Pesan yang disampaikan
    Sasaran iklan 
  3. Dari hasil identifikasi tersebut, siswa pengetahuannya tentang hal-hal penting yang harus ada dalam iklan untuk merancang iklan mereka sendiri. Kegiatan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.4. menggunakan keterampilan danpengetahuannya tentang hal-hal penting yang harus ada dalam iklan untuk merancang iklan mereka sendiri. Kegiatan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.4.

b. Ayo Berkreasi

1. Siswa diberi kesempatan untuk merancang iklan media cetak dengan topik gaya hidup sehat. Sebelumnya siswa diminta untuk terlebih dahulu menuliskan rencana rancangan tersebut dengan menentukan : 

  • Topik iklan 
  • Kata kunci dalam iklan
  • Gambar iklan
  • Pesan yang disampaikan
  • Sasaran iklan 

2. Karena kegiatan ini dilakukan pada akhir subtema 1 maka kegiatan ini dapat digunakan sebagai kegiatan untuk mengambil nilai Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4. 

3. Guru menggunakan dialog yang disajikan dalam Buku Siswa sebagai pembuka diskusi tentang keanekaragaman. 

4. Cerita dalam dialog digunakan sebagai salah satu contoh nyata bahwa keanekaragaman terjadi di hampir setiap aspek kehidupan. 

5. Siswa diminta untuk mengidentifikasikan contoh-contoh keanekaragaman yang bisa mereka temukan dalam cerita dan menjelaskan maknanya.

c. Ayo Berdiskusi

Guru memimpin diskusi kelas dengan memperluas pembahasan tentangkeanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitar siswa, untuk membuat pembahasan lebih nyata bagi siswa, guru dapat menggunakan gambar-gambar alat musik tradisional yang berkaitan dengan adat/budaya dari daerah tertentu sebagai topik pembicaraan untuk diskusi tersebut.

d. Ayo Berlatih

  1. Siswa melengkapi tabel nama alat musik dan asal daerahnya untuk memperlihatkan tingkat keanekaragaman di Indonesia. 
  2. Siswa menyanyikan lagu “Mars Hidup Sehat’ dengan iringan alat musik ritmis sederhana yang mereka temukan di sekelilingnya.
  3. Kegiatan menyanyi ini dapat dilakukan secara berkelompok dengan berbagi tugas, beberapa menyanyi dan beberapa siswa mengiringi dengan alat musik ritmis. 
  4. Kegiatan SBdP ini dipadukan dengan kegiatan PPKn untuk memberikan contoh langsung kepada siswa tentang makna keragaman. 
  5. Setiap kelompok mengerjakan refleksi kegiatanyang disediakan di Buku Siswa.

e. Ayo Berdiskusi

Guru memimpin diskusi kelas dengan memandu siswa untuk membuat kesimpulan tentang kegiatan yang baru saja mereka lakukan dikaitkan dengan hasil refleksi kelompoknya dan makna keragaman.

Kegiatan Penutup

1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 

2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 

3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 

Penugasan dirumah

1. Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya. 

2. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

3. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

C. PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Demikian gambaran atau kerangka dari RPP 1 Lembar kelas 5 tema 3 ini, silahkan bapak ibu ambil file contohnya dibawah ini


Selain RPP kelas 5 kami juga membagikan RPP 1 Lembar Kelas 1 2 3 4 5 6 kurikulum 2013 untuk semester 1 dan 2 silahkan ambil file contohnya di postingan  kami.

Semoga file contoh rpp yang kami bagikan ini bisa membantu bapak ibu dalam melengkapi atau menyusun rpp di sekolah.