Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat Kelulusan Universitas Terbuka (UT)

syarat lulus ut

Untuk menyelesaikan tugas pendidikan di suatu universitas, mahasiswa tentu harus memenuhi persyaratan akdemik. Sama halnya pada universitas terbuka untuk bisa lulu dan mendapatkan ijazah di universitas terbuka mahasiswa harus memenuhi persyaratan yang telah di tetapkan.

Pada postingan ini kami akan membagikan syarat kelulusan di universitas terbuka untuk program Diploma, sarjana dan pascasarjana.

Syarat Kelulusan Program Diploma Universitas Terbuka

Sesuai dengan pengumuman dari universitas terbuka pada laman ut.ac.id. bahwa syarat kelulusan mahasiswa program diploma adalah sebagai berikut

1. Lulus semua mata kuliah yang dipersyaratkan (tanpa ada nilai E).

2. IPK minimal 2,00.

3. Nilai minimal C untuk mata kuliah: Praktik Kerja Perpustakaan dan Praktik Kerja Kearsipan Program Perpustakaan dan Kearsipan FHISIP.

4. Mahasiswa tidak sedang melakukan registrasi mata kuliah pada saat penetapan kelulusan dan tidak ada masalah administrasi akademik (pembayaran paket tertinggal, kelengkapan berkas registrasi).

Jadi bagi mahasiswa universitas terbuka yang mengikuti program diploma harus memenuhi syarat diatas agara bisa lulus dan mengikuti program wisuda di ut. 

Sedangkan untuk program sarjana, mahasiswa universitas terbuka harus memenuhi persyaratan dibawah ini 

Syarat Kelulusan Program Sarjana Mahasiswa Universitas Terbuka

Berdasarkan Peraturan Rektor UT Nomor 18 Tahun 2017 tentang Syarat Kelulusan dan Predikat Kelulusan bagi Mahasiswa UT dan syarat kelulusan mahasiswa UT adalah sebagai berikut.

1. Lulus semua mata kuliah yang dipersyaratkan (tanpa nilai E).

2. Lulus TAP dengan nilai minimal C.

3. IPK minimal 2,00 kecuali untuk program S1 PGPAUD IPK minimal 2,25 dan program S1 Sistem Informasi IPK minimal 2,50. (sesuai dengan Surat Edaran Rektor no. 52711/UN31.FAK.4/PP.08.00/2018 tentang pembukaan Prodi S1 Sistem Informasi (SI)).

4. Nilai minimal B untuk mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) dan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) FKIP.

5. Nilai minimal C untuk mata kuliah:

6. Praktikum Prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia FKIP.

7. Praktik Kerja Lapangan (PKL) Program S1 Agribisnis FMIPA.

8. Praktik Pengalaman Beracara Program S1 Ilmu Hukum FHISIP.

9. Mahasiswa tidak sedang melakukan registrasi mata kuliah pada saat penetapan kelulusan dan tidak ada masalah administrasi akademik (pembayaran paket tertinggal, kelengkapan berkas registrasi).

Syarat Kelulusan Program Pascasarjana Universitas Terbuka

Sesuai dengan pengumuman di laman ut.ac.id bahwa syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa universitas terbuka program pascasarjana agar bisa lulu adalah sebagai berikut

Mahasiswa PPs-UT dinyatakan lulus apabila telah memenuhi persyaratan berikut.

1. Telah menyelesaikan seluruh mata kuliah yang dipersyaratkan dalam paket I, II, dan III dengan nilai mutu rata-rata atau IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) ≥ 3, tanpa nilai E dan D.

2. Tidak memiliki nilai B- atau C lebih dari dua mata kuliah.

3. Nilai mata kuliah Metode Penelitian Administrasi (MAPU5103/ MAPO5103), Metode Penelitian Bisnis (EKMA5104/EKMO5104), Metodologi Penelitian (MMPI5202/ MMPO5202), atau Metode Penelitian Pendidikan Matematika (MPMT5203/MPMO5203), atau Metode Penelitian Pendidikan (MPDR5103/ MIPK5201/MPBO5203) minimal B.

3. Memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 pada skala 0,00 - 4,00

4. Memiliki nilai Ujian Sidang TAPM/Tesis minimal B.

5. Menyerahkan TAPM final hasil perbaikan setelah Ujian Sidang dalam bentuk (hard copy dan soft copy) dan artikel ilmiah yang telah diunggah di jurnal online PPs-UT.

Lulus Program

Kandidat Magister akan dinyatakan lulus program berdasarkan pada nilai IPK dan nilai Ujian Sidang. Kandidat Magister dinyatakan lulus program apabila memperoleh IPK Akhir lebih besar atau sama dengan 3.00.

Demikian syarat kelulusan bagi mahasiswa universitas terbuka, jika ingin melihat hasil kelulusan mahasiswa kamu bisa lihat postingan kami dibawah ini

Cek kelulusan mahasiswa universitas terbuka