Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Urutan Planet Pada Sistem Tata Surya, Ciri-ciri, dan Gambarnya

Urutan Planet Pada Sistem Tata Surya, Ciri-ciri, dan Gambarnya - Pernahkah kalian melihat bintang dan bulan di langit? selain bintang dan bulan, adakah benda lain yang ada di langit yang luas? jawabannya adalah banyak terdapat benda-benda langit yang ada disitem tata surya kita.

Tata surya adalah susunan benda langit yang bergerak mengelilingi matahari karena matahari sebagai pusat dari tata surya. Benda-benda langit yang berada di tata surya seperti, planet, komet, meteor, asteroid, satelit, bintang, dan galaksi.

Urutan-Planet-Pada-Sistem-Tata-Surya-Ciri-ciri-dan-Gambarnya


Planet adalah benda langit yang tidak mengeluarkan panas atau cahaya dan bergerak mengelilingi matahari secara bertahap dan terus-menerus.

Terdapat delapan planet dalam tata surya yang bergerak mengelilingi matahari. Gerakan planet mengelilingi matahari disebut revolusi. Setiap revolusi yang dibutuhkan setiap planet berbeda-beda, semakin jauh dari matahari, maka waktu revolusi setiap planet akan semakin lama. Planet-planet yang mengelilingi matahari bergerak sesuai dengan garis orbit yang sudah ditentukan. Sedangkan, planet-planet yang berputar pada lingkarannya disebut dengan rotasi.

Untuk itu kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai kedelapan planet tersebut.

Urutan dan ciri-ciri planet pada sistem tata surya

1.    MERKURIUS

Urutan-Planet-Pada-Sistem-Tata-Surya-Ciri-ciri-dan-Gambarnya


Merkurius adalah planet terdekat (57,9 KM) dari Matahari serta juga terkecil (0,055 massa bumi). Ciri geologisnya di samping kawah meteorid yang diketahui adalah lobed ridges atau rupes, kemungkinan terjadi karena pengerutan pada perioda awal sejarahnya. Atmosfer Merkurius yang hampir bisa diabaikan terdiri dari atom-atom yang terlepas dari permukaannya karena semburan angin surya. Besarnya inti besi dan tipisnya kerak Merkurius masih belum bisa dapat diterangkan. Menurut dugaan hipotesis lapisan luar planet ini terlepas setelah terjadi tabrakan raksasa, dan perkembangan penuhnya terhambat oleh energi awal Matahari. Lama waktu yang dibutuhkan planet ini untuk berotasi adalah 59 hari. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk berevolusi adalah 88 hari. Jadi beda waktu rotasi dan revolusi planet ini adalah 29 hari.

 

Ciri-ciri planet merkurius adalah:

·         Merkurius adalah planet yang terletak paling dekat dengan matahari dengan suhu permukaan hingga 4300C dan pada malam hari -1700C

·         Planet Merkurius tidak mempunyai satelit.

 

 

2.    VENUS

Urutan-Planet-Pada-Sistem-Tata-Surya-Ciri-ciri-dan-Gambarnya


 

Planet kedua yang jaraknya terdekat dari matahari yaitu planet Venus. Planet ini mempunyai jarak 108,2 juta KM. Rotasi yang dilakukan planet ini membutuhkan waktu 243 hari. Waktu yang dibutuhkan untuk revolusi pada planet Venus adalah 225 hari. Perbedaan waktu antara rotasi dan revolusi pada planet Venus yaitu 18 hari. Venus berukuran mirip bumi (0,815 massa bumi). Dan seperti bumi, planet ini memiliki selimut kulit silikat yang tebal dan berinti besi, atmosfernya juga tebal dan memiliki aktivitas geologi.

 

Ciri-ciri planet venus adalah:

·         Venus adalah planet yang letaknya paling dekat dengan Bumi.

·         Planet Venus memiliki beberapa sebutan, di antaranya: 

o    Bintang Timur, karena ketika pagi tiba mulai terlihat di sebelah timur,

o    Bintang Barat atau Bintang Senja, karena pada sore hari tampak di sebelah barat,

o    Bintang Kejora, karena Venus tampak sangat indah,

o    Bintang Kembar, karena ukurannya hampir sama dengan Bumi;

·         Planet Venus tidak mempunyai satelit.

 

 

 

3.    BUMI

Urutan-Planet-Pada-Sistem-Tata-Surya-Ciri-ciri-dan-Gambarnya


 

Bumi adalah tempat tinggal kita saat ini. Jarak antara planet Bumi dan matahari adalah 149,7 juta KM. 24 jam adalah waktu untuk bumi berotasi. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk revolusi planet ini memerlukan waktu sekitar 365 atau 366 hari. Jarak waktu antara waktu rotasi dan revolusi sangatlah jauh. Bumi adalah planet bagian dalam yang terbesar dan terpadat, satu-satunya yang diketahui memiliki aktivitas geologi dan satu-satunya planet yang diketahui memiliki mahluk hidup.70% bagian bumi ditutup oleh air sedangkan 30% bumi ditutupi oleh daratan. Hidrosfernya yang cair adalah khas di antara planet-planet kebumian dan juga merupakan satu-satunya planet yang diamati memiliki lempeng tektonik. Atmosfer bumi sangat berbeda dibandingkan planet-planet lainnya, karena dipengaruhi oleh keberadaan mahluk hidup yang menghasilkan 21% oksigen

 

 Ciri-ciri planet bumi adalah:

·         Bumi merupakan satu-satunya planet yang mempunyai kehidupan, yaitu terdapat manusia, tumbuhan, dan hewan, karena terdapat cukup oksigen.

·         Bumi diselimuti atmosfer, yang terdiri dari: 1. Nitrogen sebesar 78%, 2. Oksigen 21%, 3. Karbondioksida dan gas-gas lain sebesar 1%; Atmosfer berfungsi melindungi Bumi dari panas matahari.

·         Bumi mempunyai satu satelit yaitu bulan.

 

 

4.    MARS

Urutan-Planet-Pada-Sistem-Tata-Surya-Ciri-ciri-dan-Gambarnya


Planet keempat yang terdekat dari matahari adalah planet Mars. Jarak antara planet mars dengan matahari adalah 228 juta KM. Waktu rotasi planet ini yaitu 25 jam. Sementara, waktu yang diperlukan planet ini untuk berevolusi yaitu 687 hari. Mars berukuran lebih kecil dari bumi dan Venus (0,107 massa bumi). Planet ini memiliki atmosfer tipis yang kandungan utamanya adalah karbon dioksida. Permukaan Mars yang dipenuhi gunung berapi raksasa seperti Olympus Mons dan lembah retakan seperti Valles marineris, menunjukan aktivitas geologis yang terus terjadi sampai baru belakangan ini. Warna merahnya berasal dari warna karat tanahnya yang kaya besi.

 

Ciri-ciri planet mars adalah:

·         Planet Mars biasa dikenal dengan sebutan planet merah karena memiliki warna yang kemerah-merahan.

·         Planet Mars mempunyai dua satelit yaitu Phobos dan Deimos.

 

 

 

5.    JUPITER

Urutan-Planet-Pada-Sistem-Tata-Surya-Ciri-ciri-dan-Gambarnya


 

Planet kelima yang terdekat dari matahari adalah Jupiter. 778,8 juta KM adalah jarak antara planet jupiter dengan matahari. Rotasi yang dibutuhkan planet ini adalah 10 jam. Sedangkan waktu yang diperlukan revolusi pada planet ini adalah 12 tahun. Jupiter dengan 318 kali massa bumi, adalah 2,5 kali massa dari gabungan seluruh planet lainnya. Kandungan utamanya adalah hidrogen dan helium. Sumber panas di dalam Jupiter menyebabkan timbulnya beberapa ciri semi-permanen pada atmosfernya, sebagai contoh pita pita awan dan Bintik Merah Raksasa

 

Ciri-ciri planet jupiter adalah:

·         Jupiter adalah planet terbesar di tata surya dan besarnya adalah 1.300 kali lebih besar dari Bumi.

·         Jupiter memiliki 79 satelit dengan satelit terbesarnya adakah Ganymede.

 

6.    SATURNUS

Urutan-Planet-Pada-Sistem-Tata-Surya-Ciri-ciri-dan-Gambarnya


 

Planet keenam yang terdekat dari matahari adalah planet saturnus. Planet Saturnus memiliki jarak ke matahari yaitu 1.430,2 juta KM. Rotasi yang diperlukan oleh planet Saturnus adalah 10 jam dan waktu yang dibutuhkan untuk revolusi ialah 29 tahun.  Planet yang paling tidak padat di Tata Surya.

 

Ciri-ciri planet saturnus adalah:

 

·         Saturnus adalah planet yang terindah di tata surya karena mempunyai lingkaran yang berbentuk seperti cincin dan lingkaran itu berwarna kekuning-kuningan.

·         Besar planet Saturnus adalah 150 kali lebih besar dari Bumi

·         Bongkahan es atau batu kerikil yang dilapisi es menjadi materi terbentuknya lingkaran seperti cincin yang melingkari Saturnus

·         Planet ini mempunyai 82 satelit dan yang terbesar bernama Titan.

 

 

7.    URANUS

Urutan-Planet-Pada-Sistem-Tata-Surya-Ciri-ciri-dan-Gambarnya


 

Planet Uranus adalah planet kedua terjauh dari matahari dan memiliki jarak ke matahari 2.876,6 juta KM. Rotasi pada planet ini membutuhkan waktu 11 jam. Sedangkan waktu revolusi yang diperlukan adalah 165 tahun. Uranus yang memiliki 14 kali massa bumi, adalah planet yang paling ringan di antara planet-planet luar. Planet ini memiliki kelainan ciri orbit. Uranus mengedari Matahari dengan bujkuran poros 90 derajat pada ekliptika. Planet ini memiliki inti yang sangat dingin dibandingkan gas raksasa lainnya dan hanya sedikit memancarkan energi panas.

 

Ciri-ciri planet uranus adalah:

·         Penemu planet Uranus pertama kali adalah Wilhelm Herschell dari Inggris.

·         Planet Uranus mempunyai 27 satelit dan yang terbesar adalah Titania, Oberon, Umbriel, Ariel dan Miranda.

 

 

8.    NEPTUNUS

Urutan-Planet-Pada-Sistem-Tata-Surya-Ciri-ciri-dan-Gambarnya


 

Planet Neptunus adalah planet yang paling jauh dari matahari atau planet terakhir yang ada di  tata surya. Planet ini mempunyai jarak ke matahari 5.957,3 juta KM. Waktu yang dibutuhkan untuk berotasi adalah 6 hari. Sedangkan waktu yang diperlukan dalam berevolusi yaitu 284 tahun. Meskipun sedikit lebih kecil dari Uranus, memiliki 17 kali massa bumi, sehingga membuatnya lebih padat. Planet ini memancarkan panas dari dalam tetapi tidak sebanyak Jupiter atau Saturnus.

 

Ciri-ciri planet neptunus adalah:

·         Keberadaan planet ini ditemukan oleh ilmuwan dari Inggris yang bernama John Loweh Adam dan ilmuwan dari Perancis bernama Joseph Le Verrier.

·         Planet Neptunus disebut-sebut kembaran planet Uranus karena memiliki besar yang hampir sama.

·         Planet Neptunus mempunyai 14 satelit dan salah satu yang terbesar bernama Triton. Triton adalah satu-satunya satelit besar yang orbitnya terbalik arah (retrograde).