Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CABANG CABANG ILMU BIOLOGI

 

CABANG CABANG ILMU BIOLOGI

 




1. Genetika

Pada cabang ilmu biologi ini, kamu akan mempelajari tentang gen, materi genetik (DNA dan RNA), dan pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya serta persilangan gen..

2. Sitologi

Pada ilmu sitologi, kamu dapat mempelajari unit penyusun seluruh makhluk hidup. Apakah itu? Yup! Itu adalah sel Mulai dari struktur dan organel sel, pembelahan sel, interaksi antar sel, daur hidup sel, hingga kematian sel semua dibahas dalam ilmu ini.

3. Histologi

Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jaringan pada makhluk hidup, seperti jaringan epitelium, jaringan pengikat, jaringan penyokong, jaringan saraf, dan masih banyak lagi. 

 4. Anatomi

Selain histologi, anatomi juga penting untuk dipelajari dalam dunia kedokteran. Pada ilmu ini, kamu dapat mempelajari tentang struktur tubuh dalam dari makhluk hidup., jika kamu memperhatikan struktur lidah kalian, pasti kamu akan melihat tonjolan-tonjolan halus yang ada di permukaan lidahmu yang disebut papila. Lalu, apa sih fungsi papila? Seperti apa struktur lidah kita sebenarnya? Nah, semua itu akan dikupas tuntas dalam ilmu ini.

5. Morfologi

Berlawanan dengan anatomi, kalau dalam morfologi kamu akan mempelajari tentang struktur tubuh luar dari makhluk hidup. Kamu penasaran nggak sih kenapa di telapak kaki kucing terdapat bantalan yang berwarna pink? atau apa sih yang menyebabkan paruh dan kaki burung memiliki bentuk yang berbeda-beda?, Morfologi dapat menjawab semua rasa penasaran kalian, kok.

6. Fisiologi

Pada ilmu Fisiologi, kamu akan mempelajari tentang fungsi tubuh baik secara anatomi maupun morfologi . Pernahkah kalian mendengar tentang fisioterapi? Fisioterapi juga bagian dari Fisiologi, lhoHayo, ada yang tahu kalau fisioterapi itu buat mengobati apa?

7. Ekologi

Pada ilmu ini, kamu akan mempelajari tentang interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungannya maupun interaksi antar sesama makhluk hidup di muka bumi lho.

8. Taksonomi

Pada ilmu Taksonomi, kamu akan mempelajari tentang pengklasifikasian atau penggolongan makhluk hidup. Penggolongan ini tidak dilakukan secara sembarangan lho, melainkan didasarkan pada hierarki atau tingkatan tertentu.

9. Evolusi

Mendengar kata evolusi, apakah kamu teringat dengan Bapak Teori Evolusi yaitu Charles Darwin? Ternyata, Evolusi termasuk kedalam cabang ilmu biologi juga, lho. Pastinya, ilmu ini menjadi salah satu materi yang paling menarik untuk dipelajari karena membahas tentang perubahan makhluk hidup dari generasi ke generasi.

10. Mikrobiologi

Mikrobiologi adalah cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang mikroorganisme, seperti bakteri, protozoa, fungi, alga mikroskopik, dan archaea. Dalam mempelajari ilmu ini, kamu akan menggunakan mikroskop karena objek yang diamati berukuran sangat kecil. 

 11. Zoologi

Jika dalam ilmu Sosial kalian belajar mengenai perilaku manusia, maka di cabang ilmu biologi ini kamu dapat mempelajari tentang klasifikasi serta perilaku hewanlho. Tahukah kamu, kalau bayi penyu yang baru lahir dapat menemukan jalannya sendiri untuk kembali ke laut tanpa bantuan dari orang tua mereka? Kamu bisa temukan jawabannya pada ilmu ini nih, .

12. Botani

Botani merupakan salah satu cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang tumbuhan meliputi jenis, struktur, persebaran, dan klasifikasinya. Ilmu ini sangat berguna dalam dunia pertanian lho karena kita dapat mengetahui karakteristik dari berbagai macam jenis tumbuhan.

13. Virologi

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata virus? Mungkin di antara kamu banyak yang memikirkan tentang penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus, ya. Salah satu cabang ilmu Biologi yang membahas tentang virus meliputi struktur, reproduksi, dan peranannya adalah virologi.

14. Bakteriologi

Ternyata tidak semua bakteri bersifat patogen (merugikan inangnya) lho, Squad. Bakteri juga dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia salah satunya dalam hal fermentasi. Salah satu cabang ilmu Biologi yang khusus mempelajari tentang bakteri adalah bakteriologi. Pada ilmu ini, kamu dapat mempelajari tentang struktur, reproduksi, sampai peranan bakteri tersebut.

15. Mikologi

Tentunya kamu pernah melihat adanya jamur pada makanan yang telah kadaluarsa, beberapa jamur yang tumbuh di pohon, bahkan ada juga jamur yang bisa kalian makan, kan? Ternyata, jamur-jamur tersebut berasal dari jenis yang berbeda, lho. Di dalam cabang ilmu biologi ini kamu dapat mempelajari tentang berbagai macam jenis jamur meliputi struktur, reproduksi, serta peranannyanih.

16. Ornitologi

Cabang ilmu biologi yang satu ini khusus mempelajari tentang burung. Pada ilmu ornitologi, kamu tidak hanya mempelajari tentang pengklasifikasian jenis burung saja, melainkan kamu juga dapat mengetahui perilaku burung tersebut.

17. Entomologi

Tahukah kamu, kalau serangga merupakan organisme dengan jumlah populasi paling banyak dan beragam di bumi? Keberagaman inilah yang menyebabkan serangga menjadi obyek yang menarik untuk dibahas lho,  Dalam cabang ilmu biologi, terdapat ilmu yang khusus mempelajari tentang serangga, yaitu entomologi. Di sini, kamu dapat mengetahui tentang jenis, klasifikasi, perilaku, bahkan persebaran seluruh serangga yang hidup di bumi.

18. Mamologi

Sementara itu, mamologi mempelajari tentang mamalia yang ada di bumi. Ilmu ini menarik banget untuk kamu pelajari lho karena dapat menambah ilmu pengetahuan kamu tentang segala jenis, klasifikasi, perilaku, bahkan persebaran hewan menyusui tersebut.

19. Embriologi

Cabang biologi yang satu ini mempelajari tentang perkembangan embrio. Nah siapa nih di antara kamu yang berminat menjadi perawat atau bidan? Wajib banget tau nih pengetahuan dari mulai embrio ini terbentuk dan perkembangannya..

20. Organologi

Jangan terkecoh ya kawan – kawan karena hamper mirip nih dengan cabang biologi Anatomi, jelas beda yak arena di cabang biologi Organologi mengupas tuntas tentang bagian bagian organ. Oke jangan lupa ya kawan untuk di pelajari..

21. Teratologi

Nah di cabang ilmu ini kalian dapat mempelajari tentang kemungkinan bayi catat dalam kandungan loh. Ini penting yang kawan karena semakin dini kemungkinan cacat di ketahui maka semakin banyak pula cara yang bias ditempuh untuh antisipasi lho..ayo calon calon dokter, semangat yaa.

22. Paleontologi

Siapa nih diantara kalian yang suka mempelajari sejarah – sejarah kehidupan organisme di masa lampau..di cabang ilmu ini akan di kupas tuntas ya gais..

23. Ontogeni

Kalau embriologi khusus mempelajari tentang kehidupan embrio, dan kalau Ontogeni mempelajari perkembangan makhluk hidup dari mulai embrio hingga dewasaa ya kawan…